Selamat Datang Teman-Teman, Ibu/Bapak saudara sekalian .
terima kasih sudah mampir.. :)
Anda Sopan kami Segan :)

Jumat, 20 September 2013

“PERANGKAT LUNAK KOMPUTER”



Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program computer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai “penerjemah” perintah-perintah yang dijalankan pengguna computer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak computer terbagi menjadi 2 kategori, yakni perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak system adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras computer, perawatan maupun pemrogramannya. Perangkat lunak system meliputi :
1.     Perangkat lunak system
A . Sistem operasi
Operating system atau sisitem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata dan browser web.

B . Bahasa pemograman
            Bahasa pemograman adalah instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada computer untuk melaksanakan suatu tugas.

C . program utility
            Program utility adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja system operasi dan meningkatkan kinerja computer.

2.    Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi atau application program merupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar, antara lain sebagai berikut :
A . Program aplikasi pengolah kata
            Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengolah naskah-naskah, seperti surat menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi (brosur, leftlet, kartu undangan, kartu nama), dan lainnya. Beberapa contoh program pengolah kata : Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, dan lain-lain.

B . Program aplikasi pengolah angka
            Perangkat lunak pengolah angaka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantatif (angka) dengan depat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk table maupun garafik. Beberapa contoh program pengolah angka antara lain : openoffice.org calc, Microsoft Ecxel.

C . Program aplikasi pengolah presentasi
            Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slide yang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasdil perancangan tersebut dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media komunikasi seperti layar monitor, layar lebar melalui inFocus, Head Projector, LCD, Internet, dan sebagainya.
            Dengan menggunakan fasilitas Animation Effects, Transition, Sound Effects, dan fasilitas lainnya yang tersedia, program pengolah presentasi dapat digunakan untuk mempresentasikan makalah, seminar, mempromosikan hasil produk, mempresentasikan program kerja, dan lain-lain.
            Beberapa contoh program pengolah presentasi adalah Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress, Macromedia Authorware.



D . Program aplikasi pengolah data
            Perangkat lunak pengolah data adalah program aplikasi untuk mengelola data yang sangat besar. Dengan program pengolah data, kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan criteria tertentu, membuat laporan data dengan criteria tertentu, dan lain-lain. Biasanya program pengolah data instansi, baik milikpemerintah maupun swasta,. Beberapa contoh program pengolah data, yaitu Dbase, Microsoft Acces, FoxPro.

E . Program aplikasi pengolah grafis
            Program aplikasi pengolah gambar atau desain grafis digunakan untuk membuat dan mengolah gambar atau foto dan penyuntingannya. Program ini sangat cocok untuk periklanan dan percetakan. Beberapa contoh program pengolah gambar> yaitu Corel Draw, Photoshop< Freehand, dan lain-lain.

F . Program aplikasi pengolah audio dan video
            Perangkat lunak ini digunakan untuk mengolah suara dan gambar bergerak, mulai dari pembuatannya hingga proses penyuntingannya. Kita dapat mengambil beberapa gambar disertai animasi, transisi antar gambar sehingga dihasilkan sebuah tampilan yang dapat kita nikmati dalam bentuk suara, music, dan gambar video. Beberapa contoh program aplikasi pengolah audio video, yaitu Pinnacle, Vegas. After Effect, Cool 3D, Ulead Studio.

G . Program aplikasi bisnis dan keuangan
            Perangkat lunak bisnis dan keuangan digunakan untuk mengolah dan merancang layout homepage atau web dalam dunia internet, dengan menggunakan fasilitas html dan hyperlink, kita dapat menikmati lompatan-lompatan  antaratikel dengan referensinya. Beberapa contoh program aplikasi pengolah website, yaitu Java, Dreamweaver, FrontPage, dan lain-lain.


I . Program aplikasi browser internet
            Program aplikasi ini digunakan untuk mengakses internet. Perangkat ini sanagt membantu kita dalam mencari informasi dan bertukar informasi dalam bidang ilmu, berita, hobby, dan sebagainya.
            Beberapa contoh program aplikasi browser internet yaitu, Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Mozilla FireFox, dan lain-lain.

F . Program aplikasi antivirus
            Program aplikasi ini digunakan untuk membendung serangan virus, spam, Trojan atau program-program jahat lainnya. Program antivirus diantaranya Avira, AVG, Norton< Smadav< McAffe.

K . Program aplikasi multimedia
            Program aplikasi ini digunakan untuk memutar program audio video dengan berbagai format file. Program aplikasi multimedia diantanya : WinAmp, Windows Media Player, K-lite Codec, VLC Media Player, AIMP2 dan sebagainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar