Selamat Datang Teman-Teman, Ibu/Bapak saudara sekalian .
terima kasih sudah mampir.. :)
Anda Sopan kami Segan :)

Kamis, 24 April 2014

Cerpen : MEMBANGUN USAHA SUKSES SEJAK USIA MUDA

  • Karya : Winas Dura

    Jam menunjukkan pukul enam pagi, tapi aku masih enggan untuk membuka mataku dan bergegas mandi, padahal sekarang kegiatan belajar mengajar di SMA tempat aku sekolah telah dilaksanakan.
    saat itu aku teringat akan ibu niat untuk membangunkan aku agar aku cepat mandi dan bergegas kesekolah.
    aku hampir tidur dan nyaris menutup mukaku Dengan rasa sangat terpaksa aku langsung berjalan menuju kamar mandi.

    dan langsung pergi kesekolah menaiki sepeda, sayang nya terkadang aku lupa sarapan, karna aku harus hidup menghemat uang atas pekerjaan aku dan sekolah aku ,
    Sampai di sekolah, aku duduk dan bertemu dengan teman sebangkuku. Aku langsung berkenalan dengan dia. “Perkenalkan namaku Lisa, aku anak baru di sekolah ini. Nama kamu siapa?”, kataku dengan anak sebangkuku. “Namaku Tiara, salam kenal”, katanya.

    ‘Tet tet’ bel berbunyi saatnya masuk kelas dan Bu sinta, wali kelasku masuk ke kelas. “Anak-anak, ini ada murid baru. Dia pindahan dari desa pasir hijau, ayo perkenalkan dirimu”, kata Bu sinta. (murit pun ketawa melihat anak yang pendatang dari desa tersebut termasuk temanya yang baru kenalan tadi ikut ketawwa) diam anak-anak lisa ini orang tuanya sudah tidak ada . mendengar itu ada sekelompok anak nakal bicara , ibuk bagusnya dia itu tidak usah sekolah , lebih baik menunggu seorang kekasih nya .. buat apa kamu sekolah buat abis uang mu saja hahaha ( semua anak ketawa cuma tiara yang tidak ) sudah anak-anak diam kata ibu sinta.. silahkan lisa perkenalkan dirimu “Nama saya Lisa, desa pasir hijau”, moga-moga teman-teman mau berteman dengan aku ...
    “Silahkan duduk, Lisa. Sekarang waktunya pelajaran Bahasa Inggris, bukunya dikeluarkan”, kata Bu sinta.
    Aku pun bahagia sekolah di sini , karena mempunyai guru yang sabar yang harus di contohi.
    bukan hanya ibu sinta ibu/bapak guru disini semunya baik ..

    Bel istirahat berbunyi, aku diajak pergi ke kantin bersama tiara .
    Tiara : lisa mau kamu jadi teman setia aku .
    Lisa : mau,. mau ,
    Tiara : Oke kalau begitu kamu aku teraktir mau
    aku pun malu-malu Kamipun memilih makanan dan minuman yang sama pula. Setelah membayar makanan, kami pun duduk di depan kelas sambil makan. dan bercerita
    Tiara : lisa kenapa kamu bisa di kota ini , dengan siapa kamu pergi
    Lisa : aku disini sebenarnya dibawa saudara aku dan disuruh hidup sendiri dan diberi rumah . .
    Tiara : emang saudara kamu tinggal nya disini
    Lisa : iya , malahan dia memberi aku pekerjaan
    Tiara : kamu kerja apa?
    Lisa : Kerja di toko sehati itu?? dan selepas sekolah aku pasti kerja disana sebagai kasir .. baru 4 hari aku kerja
    Tiara : aku salut sama kamu tiara “Eh, besok main yuk,” cetus Tiara. “Oke… main ke taman pinggir kota, bagaimana? Di sana banyak bunga dan aku ingin mengambil foto juga,” balasku. “Oke… besok ketemuan depan Cafe Mr. Wales, ya”, balas Tiara lagi. “Oke… ra,” kataku.

    hari demi hari kami lewati berdua bersama .
    tiba aku tidak bisa membayar uang sekolah , karna uang nya tidak cukup . kalau aku tidak bisa membayar uangnya aku bisa tidak ikut Ujian
    tiba-tiba disekolah tiara memangilku .. hay, sudah siap ujian besok kita berdua kan cita-citanya menjadi guru . . .
    iya sih ta,,tapi. kataku , kenapa? ?
    lalu aku menceritakan kepada tiara , dan tiara pun dipangil sopirnya untuk pulang. udah dulu ya lisa aku pulang , jangan lupa belajar ya. aku pun dengan sedih pulang dan belajar di rumah .. esokan harinya aku terpaksa datang dan ikut ujian nasional dan masuk keruang guru ,. ibuk bisa gak buk kalau aku bayarnya besok , karna uangku kurang bu. ujarku
    ibu gurupun bicara ,Gpp nak kamu boleh ikut ujian karna uang mu sudah lunas dibayar dengan temanmu tiara .. aku pun menghampiri tiara . ra terima kasih ya. nanti kalau ada uang aku bayar semuanya.. tiara menjawab tidak perlu aku ikhlas kok  sambil tersenyum. kita kan teman .
    dan hari berganti hari akhirnya mereka lulus dan menyambung di perguruan tinggi . .

    tiba-tiba datang orang tua tiara. tiara pun memperkenalkan orang tuannya kepada lisa . ayah,ibu ini teman aku lisa namanya
    aku pun tersenyum, ternyata orang tuanya tiara adalah saudara nya.. ini teman mu nak , dia bukan hanya teman mu , tetapi ia sepupumu . ujar orang tua tiara
    dan kami pun berpelukan dan akhirnya kami lulus perguruan tinggi dan menjadi guru terhebat , tersabar untuk anak bangsa dan negara..

kARYA : WINAS DURA

Peminat P.Ramlee ( Winas Dura )


WINAS ~ Winas Dura

Peminat P.Ramlee






































P.Ramlee P.Ramlee P.Ramlee

Rabu, 26 Maret 2014

Permainan Futsal

Permainan Futsal 

( Pelajaran Jasmani ,olahraga,dan kesehatan )

Sepak bola disebut juga sebagai sepak bola outdoor. Permainan ini sangat populer di dunia. Berbagai suku dan bangsa tidak ada yang tidak mengenal permainan sepak bola. Permainan yang satu ini terdapat pada situs purbakala Yunani, yang disebut sebagai sphairaatau ollispada zaman Romawi. Sejalan dengan perkembangan zaman, permainan sepak bola tidak hanya dilakukan di luar ruangan. Permainan ini dapat juga dilakukan di dalam ruangan tertutup. Permainan futsal diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay, tahun 1930. Saat itu, bersamaan dengan Piala Dunia di Uruguay. Permainan baru tersebut diberi nama futebol de salao(bahasa Portugis) atau futbol sala (bahasa
Spanyol) dengan makna yang sama, yaitu sepak bola ruangan. Dari
kedua bahasa tersebut muncullah istilah baru, yaitu “Futsal”.
Permainan futsal, sekarang berada di bawah naungan
Federation Internationale de Football Association (FIFA). Pertandingan futsal internasional untuk kali pertama diselenggarakan dalam Piala Amerika Selatan I, tahun 1965.
Dalam pertandingan tersebut, Paraguay keluar sebagai juara.
Perebutan Piala Amerika tersebut berlangsung berturut-turut
sampai tahun 1979, dan semua pialanya disapu bersih oleh
Brasil. Kemudian, Brasil meneruskan dominasi juaranya
dalam Piala Pan Amerika I, tahun 1980 dan 1984.
Tahun 2002, olahraga futsal mulai masuk ke Indonesia.
Olahraga ini mendapat sambutan, terutama mereka pecinta
sepak bola. Kompetisi resmi tingkat Nasional di Indonesia,
mulai diadakan tahun 2008 oleh Badan Futsal Nasional (BFN).
BFN merupakan badan yang dengan sengaja dibentuk oleh
PSSI untuk mengelola futsal di Indonesia. Kejuaraan futsal
tersebut dinamakan Indonesia Futsal League (IFL). Kejuaraan
ini berlangsung selama empat bulan yang dibagi dalam empat
seri. Pemenang dalam kejuaraan IFL, akan mewakili Indonesia
dalam AFC Futsal Champions League, yaitu kompetisi futsal
tertinggi di Asia.
Hal yang mencolok dari permainan futsal, jika dibandingkan
dengan permainan sepak bola konvensional adalah ukuran
lapangan yang lebih kecil dan pemain yang hanya berjumlah
5 sampai 7 pemain dalam setiap timnya. Oleh karena itu,
permainan ini dipandang lebih fleksibel dan dapat dimainkan di
dalam ruangan tertutup dengan lapangan berumput sintetis.

1. Peraturan Permainan
Peraturan permainan futsal telah disepakati dalam
asosiasi sepak bola internasional. Dengan kata lain, peraturan
futsal mengikuti peraturan yang telah disepakati dalam FIFA.
Adapun beberapa peraturan diubah penerapannya. Hal tersebut
disesuaikan dengan perintah-perintah pemula, khususnya yang
berusia di bawah 16 tahun, wanita, pemain yang sudah cukup
umur (lebih dari 35 tahun), dan pemain yang mempunyai
kekurangan-kekurangan tertentu.

a. Ukuran Lapangan
Pernahkah Anda melihat lapangan futsal? Lapangan
futsal berbentuk persegipanjang. Permukaan lapangan harus
rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau bagan dari kayu, tetapi hindari lapisan lapangan dari beton atau bata. Berikut ukuran lapangan futsal.
1) Panjang lapangan 25 – 42 meter, lebar lapangan 15 – 25 meter.
2) Lapangan ditandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang disebut garis pembatas lapangan, dan dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang.
3) Lebar seluruh garis adalah 8 cm.
4) Lapangan dibagi menjadi dua bagian pada bagian tengah
lapangan. Titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan radius 3 meter.
5) Daerah seperempat lingkaran di depan garis gawang memiliki radius 6 meter.
6) Titik penalti berada 6 meter dari titik tengah garis gawang.
7) Titik penalti kedua berada 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal.
8) Titik tendangan pojok memiliki radius 25 cm, di setiap sudut lapangan.

b. Ukuran, Berat, dan Bahan Bola
Bola futsal berbentuk bulat sempurna. Bahan yang
dipergunakan untuk membuat bola futsal adalah dari bahan
kulit atau bahan lain yang layak untuk digunakan. Keliling
bola futsal 62 – 64 cm, berat bola 400 – 440 gram, dan tekanan
0,4 – 0,6 atm.

c. Lebar dan Tinggi Mistar Gawang
Ukuran gawang permainan futsal adalah sebagi berikut.
1) Gawang terdiri atas dua buah tiang sejajar dalam posisi vertikal dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan tiang horizontal.
2) Gawang harus diletakkan tepat pada tengah-tengah garis gawang.
3) Jarak kedua tiang vertikal adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.
4) Tiang vertikal dan tiang horizontal memiliki diameter 8 cm.
5) Jaring gawang terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, yang dikaitkan pada kedua tiang vertikal dan horizontal pada sisi belakang gawang.
6) Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung ke arah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah.

d. Periode Permainan
Pertandingan futsal berakhir dalam dua babak. Durasi setiap babak adalah 20 menit. Durasi dari salah satu babak dapat diperpanjang untuk menentukan pemenang jika terjadi “seri”.Tim diperbolehkanmeminta time-outselama 1 menit dalam sebuah babak pertandingan. Kondisi-kondisi untuk mendapatkan time-outadalah sebagai berikut.
1) Pelatih meminta untuk time-outselama 1 menit.
2) Time-outakan diberikan pada tim yang sedang menguasai bola.
3) Penjaga waktu mengizinkan untuk time-outketika bola
keluar dari permainan dengan menggunakan sebuah peluit
atau tanda lain yang berbeda dengan tanda wasit pertama.
4) Saat time-outpemain berada di lapangan. Jika menerima instruksi dari official maka dilakukan pada garis pembatas sejajar dengan lapangan. Hal tersebut dikarenakan official tidak boleh memasuki batas lapangan.
5) Tim yang tidak meminta time-outpada babak pertama maka timnya akan tetap hanya mendapatkan satu kali time-outselama babak kedua.

e. Jumlah Pemain dan Pemain Cadangan
Permainan futsal dimainkan oleh dua tim. Jumlah pemain setiap tim maksimal lima orang, yang salah satunya adalah penjaga gawang. Jumlah pemain cadangan maksimal sebanyak 7 orang.
f. Perlengkapan Pemain
Untuk keselamatan pemain, seorang pemain dilarang
menggunakan perlengkapan atau sesuatu yang berbahaya,
baik untuk dirinya maupun orang lain. Perlengkapan yang
harus dipakai oleh setiap pemain adalah sebagai berikut.
1) Seragam atau pakaian. Dalam setiap pertandingan seragam
futsal memiliki nomor di bagian depan dan belakang. Nomornya dimulai dari 1 sampai 15. warna dari nomor harus berbeda dengan warna seragam.
2) Celana pendek harus yang dapat menyerap keringat dan warnanya sama dengan warna dasar seragam.
3) Kaus kaki.
4) Pengaman kaki (shinguard). Seluruh bagian shinguard tertutup kaus kaki, terbuat dari bahan karet atau plastic, dan harus memberikan perlindungan yang cukup.
5) Sepatu yang digunakan harus jenis sepatu yang diizinkan,
yaitu sepatu kanvas atau terbuat dari kulit halus.
6) Seragam yang digunakan penjaga gawang, boleh meng-gunakan celana panjang. Warna seragam yang digunakan harus dapat dibedakan dari pemain yang lainnya. Jika penjaga gawang menjadi pemain lapangan penjaga tersebut harus menggunakan seragam dengan nomor punggung pemain yang digantikannya.

g. Wasit
Setiap permainan dipimpin oleh seorang wasit. Wasit dalam pertandingan futsal terdiri atas tiga orang dan satu penjaga waktu. Wasit memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan peraturan permainan, sejak ia memasuki sampai meninggalkan lapangan permainan. Kekuasaan dan tanggung jawab wasit pertama, antara lain sebagai berikut.
1) Menegakkan peraturan permainan.
2) Membuat dan memelihara catatan pertandingan untuk dipergunakan sebagai laporan pertandingan.
3) Bertindak sebagai penjaga waktu, jika penjaga waktu tidak hadir.
4) Menghentikan, menunda, atau mengakhiri pertandingan
untuk setiap pelanggaran yang dilakukan pemain.
5) Melakukan tindakan disiplin terhadap kesalahan pemain
dalam bentuk peringatan dan sanksi pelanggaran.
6) Memastikan tidak ada orang yang berhak untuk berada di
dalam lapangan.
7) Membiarkan permainan berlanjut sampai bola keluar, jika
terdapat pemain yang mengalami luka ringan.
8) Memastikan bola memenuhi persyaratan.
9) Membiarkan permainan berlanjut ketika terjadi sebuah
pelanggaran terhadap salah satu tim. Namun, tim yang pemainnya digelar berada pada posisi yang menguntungkan untuk mencetak gol. Namun, jika tidak menghasilkan gol, wasit harus memberikan hukuman terhadap tim yang melakukan pelanggaran yang terjadi sebelumnya.

Kekuasaan dan tanggung jawab wasit kedua, antara lain
sebagai berikut.
1) Wasit kedua berada di sisi lapangan yang berlawanan dari
posisi wasit dan dilengkapi dengan peluit.
2) Membantu wasit pertama untuk mengawasi pertandingan
agar tetap berjalan sesuai dengan peraturan permainan.
3) Menghentikan permainan jika terjadinya pelanggaran dari
peraturan-peraturan.
4) Memastikan bahwa penggantian pemain dilaksanakan
dengan baik.Kekuasaan dan tanggung jawab wasit ketiga, antara lain sebagai berikut.
1) Membuat catatan atas pelanggaran akumulasi lima pertama yang dilakukan tim.
2) Membuat catatan dari penghentian permainan dan mem-berikan alasannya.
3) Membuat catatan pemain-pemain yang menciptakan gol.
4) Mencatat nama dan nomor pemain yang mendapat peringatan dan dikeluarkan.
5) Menyediakan segala informasi yang relevan dengan pemain.

Kekuasaan dan tanggung jawab penjaga waktu (time
keeper), antara lain sebagai berikut.
1) Memastikan bahwa durasi pertandingan sesuai ketentuan,
yaitu dengan cara menjalankan chronometer saat
pertandingan dimulai, memberhentikan waktu saat bola
keluar lapangan, dan menghentikan waktu dengan hal-hal
yang berhubungan dengan pelanggaran permainan.
2) Memeriksa time-out.
3) Memeriksa periode hukuman waktu efektif dua menit
ketika pemain telah dikeluarkan.
4) Mengindikasikan akhir dari separuh pertandingan
pertama, kedua, akhir pertandingan, dan akhir periode
waktu tambahan.

Struktur geografi

Struktur geografi

Berdasarkan bidang kajian, geografi terbagi atas tiga cabang ilmu yaitu sebagai berikut.

a. Geografi fisik
Geografi fisik mempelajari bentang lahan(Landscape) yaitu bagian
ruang dari permukaan bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk lahan. Perhatian utama geografi fisik adalah lapisan hidup(Life layer) dari lingkungan fisik, yaitu zone tipis dari daratan dan lautan yang di dalamnya terdapat sebagain besar kehidupan. Adapun ilmu-ilmu yang menunjang geografi
fisik adalah sebagai berikut.

1) Meteorologidanklimatologi,merupakan ilmu yang mempelajari gejala cuaca di atmosfer.
2) Oceanografiadalah ilmu pengetahuan dan studi eksplorasi mengenai lautan serta semua aspek yang terdapat di dalamnya termasuk sedimen, batuan yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut serta tenaga yang menyebabkan adanya gerakan tersebut baik tenaga yang berasal dari dalam maupun yang berasal dari luar.
3) Hidrologimempelajari gerakan dan distribusi air di bumi.
4) Hidrografiadalah suatu cabang ilmu geografi fisik yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air di permukaan bumi.
5) Geologimenjelaskan bagaimana bumi terbentuk dan bagaimana bumi berubah dari waktu ke waktu.
6) Geomorfologimempelajari bentuk permukaan lahan dan sejarahnya.
7) Ilmu tanahadalah ilmu yang mempelajari hal ihwal atau sifat-sifat tanah.
8) Geografi tanahialah ilmu yang mempelajari tentang tanah, meliputi sifat, genesis, penyebaran, dan penerapannya terhadap kehidupan manusia.
9) Biologiadalah ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup, baik manusia maupun tumbuhan dan hewan.
10) Biogeografiadalah ilmu yang mempelajari penyebaran organisme dalam ruang dan waktu, serta faktor-faktor yang memengaruhi, membatasi atau menentukan pola penyebaran jarak.

b. Geografi manusia
Geografi manusia mempelajari manusia dalam ruang, termasuk jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial dan budayanya. Cabang geografi manusia di antaranya sebagai berikut.

1) Ekonomiadalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya dan hubungan timbal balik dari usaha tersebut.
2) Geografi ekonomimembahas bagaimana manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasilkan barang dagangan, pola lokasi, dan persebaran kegiatan industri, serta seluk beluk komunikasi.
3) Politikadalah kegiatan pada suatu negara yang berhubungan dengan proses untuk menentukan tujuan-tujuan yang telah dipilih oleh suatu negara dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai oleh negara itu sendiri.
4) Geografi politikmempelajari unit-unit politik, wilayahnya, perbatasan, serta ibukotanya dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.
5) Demografiadalah ilmu yang mempelajari persoalan dan keadaan perubahan-perubahan penduduk.
6) Geografi pendudukadalah cabang disiplin geografi yang membicarakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk manusia dan konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya yang diberikan oleh suatu unit atau daerah.

c. Geografi teknik
Geografi teknik mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara dan citra hasil penginderaan jauh. Cabang ilmu geografi teknik yaitu sebagai berikut.
1) Kartografiadalah ilmu dan seni membuat peta yang menyajikan hasil-hasil ukuran dan pengumpulan data berbagai unsur permukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, kartograf, dan lain-lain.
2) Penginderaan jauhadalah ilmu dan seni yang memperoleh informasi mengenai objek, daerah, atau gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji.
3) Sistem Informasi Geografis (SIG)adalah sistem informasi berbasis komputer yang dapat menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis dan nongeografis serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.